Rabu, 25 Juni 2014

Posted by Unknown | File under : ,

Untuk seorang pebisnis online, trafik tinggi adalah suatu hal yang sangat penting karena semua internet marketer pasti ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung situs kita. Beberapa upaya untuk meningkatkan jumlah trafik ke situs kita bisa dilakukan dengan cara gratis, tapi beberapa ada juga sumber trafik yang memang butuh modal. Strategi seperti apa yang paling cocok untuk website/situs Anda?

Di artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan beberapa cara yang ampuh untuk meningkatkan trafik potensial ke website kita. Walaupun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis website yang kita miliki. Kita juga harus bijak dalam memilih sumber  trafik agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Website Dengan Cara Gratis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis kita dengan cara gratis. Tapi memang dibutuhkan upaya yang terus-menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan bias sesuai dengan apa yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung traffic pengunjung website secara gratis:

1.  Dengan Cara Melakukan Blog Walking

Blog walking adalah sebuah kegiatan untuk mengunjungi blog/ website orang lain yang masih ada hubungannya dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus benar-benar kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah mencoba untuk meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk untuk Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Kemudian biasakanlah untuk membaca artikel yang telah ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel blog tersebut.


Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL website kita di kolom yang telah disediakan, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang sudah Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha yang sangat ekstra dan penuh kesabaran dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

Artikel terkait : Cara Berjualan Secara Online

2. Dengan Cara Melalui Situs Social Bookmarking

Banyak Situs social bookmarking yangn pada  awalnya dibuat untuk membantu para netter untuk menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Namun seiring dengan perkembangannya, situs social bookmarking itu sendiri lebih sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah merupakan trafik langsung dari situs Social bookmarking-nya, dan bukannya  efek tehnikSEO ke sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL website atau URL postingan artikel website milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang telah kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

3. Dengan Cara Melalui Situs Social Media

Sangat banyak orang bilang, bahwa sekarang itu jamannya media sosial dan itu memang sangat benar. Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia yang sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita sebagai pemilik website.

Sebuah bisnis yang populer di media sosial pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna media sosial lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik antara lain adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, tapi berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan itu adalah media sosial yang paling populer.

4. Dengan Cara Melalui Situs Forum

Beberapa Situs forum diskusi sering digunakan oleh para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju website bisnis mereka. Ada banyak sekali situs forum yang memperbolehkan untuk membuat link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Dan tentunya ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules/peraturan yang ada di dalam forum tersebut sebelum Anda bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi nama baik Anda tercoreng. Manfaatkan fasilitas link signature forum dengan sebaik-baiknya, manfaatkan fasilitas link di dalam thread forum dengan cara yang wajar. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, jangan coba-coba untuk melanggar aturan tersebut.

Berikut adalah beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks yang bias anda gunakan untuk menigkatkan trafik pengunjung ke website Anda  adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Sebenarnya masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi saya sarankan agar untuk fokus pada beberapa forum yang memang paling potensial untuk kemajuan bisnis Anda.

5. Dengan Cara Guest Posting Pada Blog Orang Lain

Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link pada blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog juga memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah sangat terkenal.

Sebenarnya sangat  banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita memang benar-benar bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada ke-empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, empat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google. Dan tentunya dengan menargetkan kata kunci yang diketikkan seperti : Apa yang dimaksud dengan | PENGERTIAN SEO


Baca Artikel Menarik Lainnya Tentang : Maksud dari Blogwalking